. PKPMI-CPB: Gedung Ilmu UIN SUSKA RIAU

Tuesday, December 2, 2008

Gedung Ilmu UIN SUSKA RIAU


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau (UIN SUSKA) Riau, merupakan pegembangan atau peningkatan status institut Agama Islam Sulthan Syarif Qasim (IAIN SUSQA) Pekanbaru. IAIN SUSQA Pekanbaru didirikan pada tanggal 19 September 1970 bedasarkan surat keputusan Menteri Agama RI NO. 194 Tahun 1970.

Pada awalnya, terdirinya IAIN SUSQA hanya terdapat tiga buah fakultas, iaitu Fakutas Tarbiyah, Syariah dan Ushuluddin. masa selanjutnya IAIN SUSQA terus berkembang dengan bertambahnya jumlah fakultas dan berbagai sarana lainnya, seperti pada tahun 1997 dibuka Program Pascasarjana dan diikuti Fakultas Dakwah pada tahun 1998. perkembangan tersebut terus berlaku sehingga kini, bilamana IAIN SUSQA bertukar menjadi UIN SUSKA. Berbagai fakultas diwujudkan seperti fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, fakultas sains dan Teknologi, manajmen perusahaan, teknik industri dan sebagainya. perkembangan sesuai dengan atonomi daerah yang inginkan pengembangan ilmu sosial, humaniora dan eksakta, dengan memantapkan prinsip integralisme ilmu pengetahuan dan islam. dengan perngembangan ini, UIN SUSKA telah memiliki lapan buah fakultas dan sebuah program pascasarjana.

Upaya peningkatan ini didasari oleh kesedaran masyarakat khusunya umat islam terhadap paradigma pendidikan moden dalam rangka antisipasi tuntutan dunia global yang dapat berimplikasikan terhadap penyimpangan norma- norma agama dan budaya islam.

Justeru itu, diharapkan UIN SUSKA mampu menjadi model kepada masyarakat Indonesia khususnya dan Negara luar umumnya (Malaysia) sebagai sebuah gedung ilmu yang mampu melahirkan cendiakawan moden yang menjadikan Al-Quran dan As-Sunnah sebagai landasanya, disamping berusaha menyahut seruan kebangkitan ISLAM bagi menerajui arus globalisai ini.


1 comment:

Anonymous said...

mcam maner nk smbg blaja kat uin suskan bg yg dah ada diploma??blg gtau prosuder dia x???

 

PENGUNJUNG

© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Designed by Amatullah |Template Design